StickerHologram.com | Label Hologram Keamanan | Stiker Hologram | Hologram untuk Cek Keaslian dan Perlindungan terhadap Stiker Palsu | Stiker KeamananStickerHologram.com | Label Hologram Keamanan | Stiker Hologram | Hologram untuk Cek Keaslian dan Perlindungan terhadap Stiker Palsu | Stiker KeamananStickerHologram.com | Label Hologram Keamanan | Stiker Hologram | Hologram untuk Cek Keaslian dan Perlindungan terhadap Stiker Palsu | Stiker Keamanan

Hologram merupakan sebuah produk efek visual yang didapatkan melalui teknik holografi. Teknik ini memungkinkan terjadinya rekonstruksi obyek melalui rekamanan cahaya sehingga obyek yang terekam terlihat berbeda ketika dilihat dari orientasi atau posisi pandangan berbeda. Manipulasi cahaya ini mampu menghasilkan efek visual berupa tampilan 3 dimensi pada sebuah lembaran kertas yang hanya memiliki 2 dimensi. Metode untuk menghasilkan efek visual 3 dimensi inilah yang disebut sebagai cetak hologram dan kini umum dimanfaatkan untuk beragam tujuan.

Mengenal Karakteristik Hologram

Hologram sebagai produk metode atau teknik holografi memiliki beberapa sifat yang unik. Karakteristik unik dari teknik holografi inilah yang direplika pada praktek cetak hologram sehingga mampu menghasilkan gambar atau obyek visual yang memiliki efek visual 3 dimensi yang unik. Salah satu karakteristik hologram yang unik berasal dari efek cahaya yang sampai ke mata pengamat. Cahaya yang membentuk obyek dilihat pengamat ini merupakan rekonstruksi yang berasal dari obyek asli atau nyata.

Efek visual yang bisa didapat dari sebuah hologram adalah kedalaman serta paralaks yang terlihat berbeda ketika pengamat mengalami perubahan perspektif atau sudut pandang. Efek inilah yang membuat obyek atau benda yang direkonstruksi melalui hologram terlihat memiliki 3 dimensi meski sebenarnya tercetak pada lembaran media 2 dimensi.

Teknik holografi yang digunakan dalam cetak hologram bisa menghasilkan rekonstruksi visual dari dia tipe gambar. Tipe yang pertama adalah gambar nyata atau gambar pseudoskopik. Sedangkan tipe gambar yang kedua adalah gambar maya atau gambar ortoskopik. Sebuah hologram memiliki susunan konstruksi yang unik sehingga sebuah potongan hologram bisa digunakan untuk merekonstruksi obyek yang ada di dalam gambar hologram tersebut.

Sebuah gambar hologram tabung akan memiliki kemampuan menghasilkan tampilan atau perspektif 360 derajat dari sebuah obyek yang direkonstruksi pada cetak hologram tersebut. Efek visual ini disebabkan karena terdapat lebih dari 1 gambar independen dari obyek yang direkonstruksi yang tersimpan pada sebuah plat fotografis hologram. Setiap gambar tersebut bisa dilihat satu demi satu pada setiap kesempatan.

Manfaat Teknologi Cetak Hologram Pada Stiker

Salah satu praktek cetak hologram yang paling umum dan mudah untuk ditemui adalah pembuatan stiker hologram. Sebuah stiker hologram dibuat dengan teknik holografi atau cetak hologram yang merekonstruksi suatu obyek yang dapat terlihat dalam 3 dimensi pada lembaran pelat 2 dimensi. Karena metode inilah sebuah stiker hologram bisa menghasilkan efek visual berupa tampilan obyek yang unik dan khas serta sulit ditiru secara presisi.

Sidat unik dari cetak hologram inilah yang kemudian dimanfaatkan pada pencetakan stiker yang salah satunya memiliki fungsi otentikasi atau menjamin keaslian. Sebuah stiker hologram seringkali dimanfaatkan sebagai segel dari sebuah produk karena sifat unik dan otentik tersebut. Artinya praktek pemalsuan akan lebih sulit dilakukan karena ada dua obyek yang harus dipalsukan secara presisi berupa produk dan segel hologram yang dijadikan penjamin keasliannya.

Penggunaan cetak hologram dalam wujud stiker juga memiliki beragam manfaat lain. Selain digunakan sebagai segel, stiker hologram juga bisa dijadikan bagian dari kemasan dengan tujuan estetika. Tampilan unik dan khas dari sebuah stiker hologram dengan gambar logo sebuah produk atau merek bisa menjadi ciri khas yang mudah diingat oleh konsumen. Praktek inilah yang membuat penggunaan hologram dalam konteks komersial menjadi sangat fleksibel dan bermanfaat.

Leave A Reply

WhatsApp chat