StickerHologram.com | Label Hologram Keamanan | Stiker Hologram | Hologram untuk Cek Keaslian dan Perlindungan terhadap Stiker Palsu | Stiker KeamananStickerHologram.com | Label Hologram Keamanan | Stiker Hologram | Hologram untuk Cek Keaslian dan Perlindungan terhadap Stiker Palsu | Stiker KeamananStickerHologram.com | Label Hologram Keamanan | Stiker Hologram | Hologram untuk Cek Keaslian dan Perlindungan terhadap Stiker Palsu | Stiker Keamanan
cetak hologram

Hologram merupakan sebuah produk ilusi visual yang mampu menghasilkan replika atau rekonstruksi obyek yang terlihat seperti 3 dimensi dalam sebuah format 2 dimensi. Efek visual ini dihasilkan melalui manipulasi cahaya yang mampu menghasilkan tampilan obyek yang terlihat dalam 3 dimensi serta memiliki wujud yang dinamis berdasarkan orientasi pandangan pengamatnya. Hal inilah yang menjadi keunikan dari praktek cetak hologram yang mampu menghasilkan ilusi visual 3 dimensi pada lembaran material berupa pelat.

Mengenal Teknologi Cetak Hologram

Praktek pembuatan hologram merupakan penggunaan teknik holografi praktis yang memungkinkan perekaman citra 3 dimensi. Praktek perekaman ini menggunakan sinar murni seperti laser dan setelah melalui pemrosesan maka dihasilkan efek visual yang menampilkan tampilan obyek yang memiliki wujud berbeda ketika diamati dari sudut pandang yang juga berbeda. Rekonstruksi obyek menjadi citra 3 dimensi inilah yang menjadi hasil dari cetak hologram sebagai teknik manipulasi cahaya.

Hologram sebagai produk teknik holografi bekerja dengan cara memadukan dua sinar yang koheren dalam format dan ukuran mirkoskopik. Rekaman obyek pada hologram ini berfungsi sebagai gudang atau bidang rekam dari informasi optik. Informasi inilah yang kemudian bisa menghasilkan wujud rekaman obyek atau citra dalam format 3 dimensi meski tercetak pada pelat atau lembaran 2 dimensi. Citra yang dihasilkan melalui cetak hologram ini dapat berupa obyek tunggal, bentang alam ataupun sebuah adegan.

Hologram merupakan wujud penyimpanan informasi visual yang mampu memuat obyek citra 3 dimensi. Cara kerja hologram yang unik inilah yang membedakan teknik holografi dari teknik – teknik manipulasi sinar atau cahaya seperti fotografi. Perbedaan utama dari cetak hologram dengan cetak film terletak pada keterlibatan prinsip difraksi serta interferensi sebagai sifat dari gelombang cahaya. Perpaduan kedua prinsip inilah yang menghasilkan manipulasi sinar yang menghasilkan gambar hologram yang terlihat nyata dan dinamis karena mampu mengikuti perspektif pengamatnya.

Sebuah hologram memiliki sifat yang unik berupa kemampuan merekonstruksi citra dalam wujud pseudoskopi atau gambar yang terlihat nyata serta wujud ortoskopik atau gambar maya atau tidak terlihat nyata. Keunikan sifat dari cetak hologram ini pulalah yang memungkinkan dihasilkannya efek visual pandangan hingga 360 derajat pada sebuah hologram berbentuk tabung.

Pemanfaatan Praktek Cetak Hologram Dalam Kehidupan

Penggunaan hologram dalam kehidupan sehari – hari ternyata cukup banyak dan seringkali memiliki peran yang penting. Sifat unik hologram yang khas dan sulit diduplikasi secara sempurna membuat hologram banyak dimanfaatkan untuk tujuan otentikasi atau menunjukkan keaslian obyek di mana sebuah hologram dilekatkan. Hologram berukuran kecil bisa ditemukan pada lembaran legal seperti materai ataupun lembaran akta hukum. Hologram yang melekat menjadi bukti keaslian lembaran hukum tersebut.

Praktek cetak hologram pada material yang kuat seperti lembaran plastik juga memungkinkan produk ini berperan sebagai segel. Peran segel ini merupakan bentuk lain peran otentikasi atau menunjukkan keaslian sebuah produk. Segel berupa hologram ini sangat sering ditemui pada barang – barang elektronik. Segel hologram menjadi jaminan keaslian dan ketika segel tersebut rusak maka pengguna atau pemilik produk akan kehilangan hak atas garansi.

Peran cetak hologram dalam dunia komersial atau bisnis juga bisa sangat beragam. Sebuah stiker hologram bisa dimanfaatkan untuk beragam tujuan. Stiker ini bisa menjadi souvenir yang berfungsi sebagai media pencitraan untuk mengenalkan atau meningkatkan keterpaparan publik secara visual pada brand atau merek tertentu. Stiker hologram juga cukup umum digunakan sebagai label sebuah produk. Aspek estetika visual yang menarik dan keunikan hologram yang sulit ditiru menjadi alasan utama penggunaannya sebagai label produk.

 

Leave A Reply

WhatsApp chat