StickerHologram.com | Label Hologram Keamanan | Stiker Hologram | Hologram untuk Cek Keaslian dan Perlindungan terhadap Stiker Palsu | Stiker KeamananStickerHologram.com | Label Hologram Keamanan | Stiker Hologram | Hologram untuk Cek Keaslian dan Perlindungan terhadap Stiker Palsu | Stiker KeamananStickerHologram.com | Label Hologram Keamanan | Stiker Hologram | Hologram untuk Cek Keaslian dan Perlindungan terhadap Stiker Palsu | Stiker Keamanan

Apakah Anda pernah mendengar istilah hot stamp hologram? Hot sramp hologram merupakan salah satu jenis stiker hologram yang sering ditemukan di dokumen-dokumen penting. Jika Anda perhatikan dokumen-dokumen penting Anda, mulai dari akta kelahiran hingga ijazah, Anda akan menemukan adanya stiker hologram berkilauan di sisi-sisinya. Nah, benda itulah yang disebut sebagai hot stamp hologram.

Lalu, apakah sebenarnya hot stamp hologram dan manfaatnya? Berikut ini penjelasannya.

Pengertian dan Material Hot Stamp Hologram

Hot stamp hologram sering pula disebut dengan hot stamping foil. Pada dasarnya, benda ini terbuat dari bahan film PET multilayer dengan pola holografik beresolusi tinggi. Yang dimaksud dengan pola holografik resolusi tinggi adalah ketika gambar hologram yang tercetak cukup tebal antara 15 hingga 25 micron.

Stamp ini juga dilapisi dengan polyester berikut lapisan khusus pelepas lilin. Sebenarnya, lapisan semacam ini juga ditemui pada benda-benda lainnya seperti kartu plastik, kulit sintetis, serta kertas. Ketika lapisan ini sudah terpasang, maka tidak bisa lagi dihapus atau dilepas. Cara pemasangannya pun cukup rumit karena menggunakan energi panas dan tekanan.

Karena proses pembuatannya yang cukup rumit serta bahan-bahannya yang berkualitas, maka tidak heran jika harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan stempel hologram yang lain. Selain itu, stempel hologram yang satu ini juga hanya bisa didapatkan pada benda-benda tertentu saja seperti dokumen-dokumen penting negara, dan tidak digunakan untuk kepentingan komersil.

Macam-Macam Hot Stamp Hologram

Hot stamp hologram juga terbagi lagi menjadi 2 jenis berdasarkan sensornya. Apa sajakah?

  • Hot Stamp Hologram Sensor Mark

Hot stamp jenis yang satu ini dikatakan lebih menonjolkan daya tarik visual karena mengaplikasikan pola-pola holografik khusus. Sensor Mark ini juga disebut dengan sensor tunggal yang diterapkan pada seluruh bagian foil hot-stamping. Beberapa keunggulan yang bisa didapatkan dari penggunaan hot stamp yang satu ini adalah tingkat keamanan yang tinggi serta lebih hemat biaya.

  • Hot Stamp Double Sensor Samping

Jenis hot stamp yang kedua dinamakan stempel atau stiker hhologrm double sensor samping. Penamaan ini berdasarkan cara pembuatannya, khususnya terkait dengan pengaturan pada mesin. Kelebihan dari penggunaan stempel ini adalah akurasi gambar hologram yang tinggi. Selain itu, teknologi yang dihasilkan pada stemple juga lebih tinggi, yaitu dengan adanya fitur multi sensor yang berada di sekililing gambar.

Karena digunakan pada dokumen-dokumen penting, tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan sensor ini cukup penting. Salah satunya adalah tingkat akurasi yang lebih tinggi dalam mendeteksi apakah dokumen tersebut asli atau tidak.

Kegunaan dan Manfaat Hot Stamp Hologram

Seperti halnya jenis stempel hologram lainnya, hot stamp hologram digunakan oleh perusahaan atau institusi untuk menandai keaslian suatu barang. Hot stamp hologram sendiri digunakan untuk menandai dokumen-dokumen penting.

Selain karena kualitasnya yang cenderung lebih tinggi dari kebanyakan jenis stempel hologram lainnya, hot stamp hologram memiliki bentuk pipih memanjang. Sangat cocok ditempelkan pada benda-benda datar seperti ijazah atau akte kelahiran.

Tentu saja, di era modern dimana semua hal bisa dipalsukan seperti sekarang ini, keberadaan hot stamp hologram sangatlah bermanfaat. Dengan adanya hot stamp ini, Anda bisa mendeteksi adanya ijazah palsu yang mungkin dibuat oleh seseorang. Selain itu, karena tampilannya yang menarik, stempel hologram membuat dokumen-dokumen penting Anda terlihat lebih resmi.

Selain untuk dokumen-dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah, hot stamp hologram juga bisa dipesan untuk umum. Misalnya, jika Anda ingin menerbitkan sertifikat untuk acara-acara tertentu.

Leave A Reply

WhatsApp chat